Musikalitas Indonesia

bg karya kiri
bg karya kanan

Musikalitas Indonesia

Laila Novita Sari – 2021

UnkaRupa

Share Karya ini :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

Pada karya batik tulis ini banyak memuat berbagai alat musik dan lagu tradisional indonesia yang hanya berupa not yang sudah diindahkan bentuknya. Perlu kita ketahui Bangsa Indonesia sangat kaya akan budaya salah satunya dalam hal musik yang harus terus kita lestarikan agar tidak hilang dimakan zaman.

 

Pada karya batik kain panjang terdapat motif alat-alat masik tradisional Indonesia dengan nama-namnya yang ditulis dengan huruf aksara jawa. Alat-alat musik tersebut antara lain Angklung (Jawa Barat), Gendang (Jawa), Kecapi (Jawa Barat), Sasando (Daerah Timor), Gong (Jawa), Rebab (Jawa), Tifa (Irian Jaya), Pereret Bali), Tolindo (Toraja), Marwas (Betawi/Jakarta), Serunai (Nusa Tenggara Barat), Suling (Jawa Barat), Saron (Jawa Tengah), Tahuri (Maluku). Tidak hanya itu dibagian atas kainjuga terdapat motif not balok lagu Indonesia Raya lirik “Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku” dengan posisi not yang sama dengan aslinya dan sudah diindahkan.

 

Pada Karya batik hiasan diding 1 dan 3 dengan ukuran yang sama terdapat motif alat musik tradisional Indonesia yaitu angklung dan sasando. Sedangkan pada karya hiasan dinding 2 terdapat not balok lagu Gundul-gundul Pacul yang konon diciptakan oleh sunan kali jaga dan teman-temanya, dengan penempatan not yang sama dengan aslinya dan sudah diindahkan, pada lagu ini meskipun terlihat sederhana tapi sebenarnya memuat arti yang cukup dalam yaitu tentang nasehat kepada para pemimpin dalam mengemban amanah supaya yang diberikan oleh rakyat. Seorang pemimpn tidak boleh mempunyai sifat sombong, congkak, bermain-main, dan juga tidak hati-hati dalam mengemban amanah.

 

Dalam karya batik baju terdapat motif not balok lagu Suwe Ora Jamu yang diciptakan oleh R. C. Hardjosubroto, dengan penempatan not yang sama dengan aslinya dan sudah diindahkan. Pada lagu ini memuat arti yang bermakna yaitu dua orang yang telah lama tidak bertemu dan waktu bertemu sungguh mengecewakan.

 

Karya batik ini didominasi dengan warna biru (bahwa Indonesia merupakan Negara kepulauan), Merah (Keberanian), Hitam (kekuatan), Ungu (kemakmuran), Kuning (Kebahagiaan), dan Coklat (kesuburan).

Detail

Judul : Musikalitas Indonesia

Pembuat : Laila Novita Sari

Media : Kain Primisima dengan pewarna remasol

Ukuran :

  • Kain Panjang (230cm x 115cm)
  • Hiasan Dinding 1 (94cm x 39cm)
  • Hiasan Dinding 2 (100cm x 79cm)
  • Hiasan Dinding 3 (94 cm x 39 cm)
  • Baju

     

UNKARUPA 2021 | Copyright © Unkarupa UNESA 2021