Perancangan ILM "Pentingnya Mengkonsumsi Buah dan Sayur Bagi Anak [Untuk Orang Tua]"

oleh Bibah Widyawati

Background/ Problem
Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) adalah organisasi yang mempertemukan para ahli gizi di Indonesia. Perbaikan gizi merupakan elemen penting dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan gizi dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.
Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, 93,5% masyarakat Indonesia pada usia 10 tahun ke atas memiliki perilaku konsumsi kurang sayur serta buah. Tingkat konsumsi sayur dan buah perkapitanya hanya sebesar 34,5 kg/tahun jauh di bawah rekomendasi Food Agriculture Organization (FAO) yaitu sebesar 73,5 kg/tahun. Karenanya, menteri kesehatan RI membuat . peraturan no 41 tahun 2014 mengenai penerapan gizi seimbang yang berisi rekomendasi konsumsi sayur dan buah mecakup 50% dari 1 kali porsi makan. Permasalahannya kebanyakan anak-anak banyak yang tidak menyukai buah dan sayur, anak-anak lebih menyukai makanan-makanan manis, makanan siap saji yang kurang baik apalagi anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan sehingga mereka masih membutuhkan asupan gizi yang seimbang.

Aim / Solution
Guna mendukung tujuan dari PERSAGI desainer merancang desain iklan layanan masyarakat untuk orang tua mengenai pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur bagi anak. Mengusung tema “Ajakan Mengkonsumsi Buah dan Sayur” dirasa mampu menarik perhatian audiens untuk dikenalkan dengan program yang diadakan oleh PERSAGI. Desain periklanan ini memuat beberapa produk seperti buku ilustrasi, poster, banner, brosur, dan kalender dengan isi pemilihan menu saat ngemil dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Diharapkan dengan menggunakan produk tersebut dapat mendukung keberhasilan program gizi yang ditawarkan.

KETERANGAN KARYA
Tahun : 2020
Media : HVS, Art Paper, BC
Dimensi : Poster A3, Kalender A5, Brosur A4, Buku Ilustrasi 21x21cm
PROFIL
PERUPA :
Bibah Widyawati
NIM 17020124059
PENDALAMAN & KELAS :
KONTAK & SOSMED
Lihat Karya Lain
Lihat Karya Perkelas