DILANDA KERESAHAN DIRI

oleh Mohammad Yunus

“Karya ini merupakan penyampaian terhadap keresahan dari keadaan saat ini (sesuai dengan apa yang saya rasakan). Menggunakan objek kepala saya sendiri dengan ekspresi seolah-olah ingin keluar dari jeratan yang mengikatnya kuat-kuat. Mengartikan bahwa manusia seperti saat ini merasa resah dengan berbagai banyak berita, peraturan, serta ikatan yang membuat kehidupan mereka menjadi berubah drastis. Bagaimana tidak, mereka yang hidup secara normal secara tiba-tiba menjadi terbalik dan tidak terkendali, ekonomi yang anjlok, pendidikan yang tidak efektif, dan berita bohong dimana-mana. wajah yang tepaku oleh tali tersebut meleleh tidak seperti normalnya manusia pada umumnya. Menunjukkan bahwa mereka tidak sedang baik-baik saja karena merasa terbatasi oleh banyak peraturan. Padahal pendidikanlah yang sangat penting terhadap generasi penerus bangsa, tetapi saat ini terhambat berbagai banyak tuntutan. Memang setiap peraturan itu bisa membuat seseorang menjadi akan lebih baik lagi, akan tetapi jika peraturan tersebut menyusahkan dan membuat resah adakalanya kita bertindak. Kita harus berjuang agar bisa menyelesaikan masing-masing masalah dengan cara keluar dari apa yang sudah ditetapkan (peraturan). Terlihat jelas seolah-olah wajah sebagai objek utama tidak boleh kemana-mana dan tertekan oleh ketiga individu lain. Itu menandakan bahwasannya kondisi seperti ini sudah parah, dan membuat sesorang menjadi resah akan keadaan seperti saat ini.
objek utama tersebut meletakkan masker pada atas kepalanya bukan pada tempatnya karena sudah lelah, hampir setiap harinya mereka harus siaga memakai masker demi keamanan. Akan tetapi, ada kalanya manusia lelah karena memakai masker secara terus menerus membuat mereka menjadi keresahan tersendiri. Seperti mengganggu saluran pernafasan dan juga bisa membuat orang pengap akan udara yang sudah dikerluarkan melalui hidung akan terhidup lagi.
Pada bagian atas mereka tumbuh sebuah pohon yang hampir kering yang disebabkan manusia tidak bisa mengendalikan keadaan seperti semula karena kondisi seperti ini. Padahal mereka saling membutuhkan antara tumbuhan dengan manusia. Terlihat tanpa daun hijau dan tak terawat yang sejatinya manusia yang merawat. Sedangkan, bagian bawah terdapat manusia lain yang mengganggu aktivitas manusia (kepala meleleh) untuk bisa hidup bebas dan mencari kehidupan seperti dulu lagi. Dia menarik kuat-kuat agar kepala yang ia ikat dengan paku bisa terperangkap lagi dengan bertujuan agar tidak bisa kemana-mana. Diharapkan manusia yang sudah terlanjur resah bisa mengerti akan keadaan seperti ini, bagaimana pun juga semua itu demi keselamatan bersama.”

KETERANGAN KARYA
Tahun : 2020
Media : Oil On Canvas
Dimensi : 140X110cm
PROFIL
PERUPA :
Mohammad Yunus
NIM 17020124073
PENDALAMAN & KELAS :
KONTAK & SOSMED
Lihat Karya Lain
Lihat Karya Perkelas