Secercah Harapan

oleh Nur Khafsah Mabruroh

Karya batik ini memiliki tema ketulusan untuk secercah harapan yang diwujudkan dengan motif bunga melati.
Melati melambangkan kesucian, keanggunan dalam kesederhanaan dan ketulusan. Selain itu bunga ini melambangkan keindahan dan memiliki wangi yang semerbak. Pada batik jarik dan baju, terdapat stilasi motif bunga melati yang disusun secara tinggi menjulang dan bermakna ketulusan dan kejernihan hati nurani yang paling dalam. Warna melati yang digunakan pada jarik adalah warna kuning, warna yang dapat mengangkat suasana hati seseorang. Warna tersebut memiliki sifat cerah sehingga menumbuhkan pemikiran yang positif dan optimis.
Pada batik hiasan dinding, juga terdapat makna sebuah harapan untuk masa depan yang diwujudkan dengan seorang dewi yang sedang memegang bunga melati ditangannya. Baju yang dipakai dewi berwarna biru tua dan tosca melambangkan bumi yang makmur, aman dari mara bahaya. Warna bunga melati pada hiasan dinding juga sama dengan batik baju, yaitu warna pink magenta. Warna ini adalah simbol wanita, kasih sayang, dan harapan.
Secercah harapan untuk bumi ini. Semoga di masa mendatang akan lebih makmur, damai, dan senantiasa dilindungi Tuhan dari bencana dan mara bahaya.

KETERANGAN KARYA
Tahun : 2020
Media : Kain Batik
Dimensi : Jarik (230x115 cm), Baju Long Outer (PB 96cm), 3 hiasan dinding (panjang x tinggi =162x115 cm)
PROFIL
PERUPA :
Nur Khafsah Mabruroh
NIM 17020124041
PENDALAMAN & KELAS :
KONTAK & SOSMED
Lihat Karya Lain
Lihat Karya Perkelas