Harmoni

oleh Nurmia Megananda Pratiwi

Karya batik tulis ini bertemakan burung flamingo yang merupakan perlambang manusia dengan kehidupannya. Pada dasarnya kita hampir sama dengan burung flamingo yang hidup berkelompok, layaknya manusia yang merupakan makhluk sosial. Burung flamingo juga sering digunakan sebagai simbol cinta atau kasih sayang karena dalam kehidupannya flamingo adalah burung yang setia seperti manusia yang membangun ikatan sosial.
Motif tambahan yang dipakai dalam batik tulis ini adalah bunga sepatu, bunga kamboja serta dedauan tropical. Motif ini merupakan gambaran lingkungan damai yang perlu kita jaga demi kelestarian hidup dan suatu timbal balik atas lingkunan tempat kita tinggal.
Warna yang digunakan dominan dengan warna hijau, merah muda dan hitam. Warna-warna ini merupakan simbolisasi sumber kehidupan, warna yang erat kaitannya dengan rasa sayang dan kekuatan.
Harapan dari adanya tema ini adalah pemakai dalam hidupnya dapat memiliki sifat yang gigih, pekerja keras, penuh kasih sayang dengan tampil elegan layaknya burung flamingo yang terlihat elok dengan kemampuannya terbang tanpa henti.

KETERANGAN KARYA
Tahun : 2020
Media : Kain mori
Dimensi : Jarit (230cm x 115cm) Tunik (PB 110cm) 2 Hiasan dinding midangan (diameter 40 cm)
PROFIL
PERUPA :
Nurmia Megananda Pratiwi
NIM 17020124042
PENDALAMAN & KELAS :
KONTAK & SOSMED
Lihat Karya Lain
Lihat Karya Perkelas