GURITA CIKEAS

oleh Rif’an Renaldi

Karya ini terinspirasi dari sebuah buku yang di tulis oleh george junus aditjondro yang berjudul membongkar gurita cikeas dibalik skandal bank century karya tulis ini di buat untuk melihat korupsi yang telah menggurita ke mana-mana.

Seekor Induk Gurita dapat mengandung lebih 50 ribu sampai 200 ribu telur dari berbagai spesies gurita yang berbeda. Biasanya induk gurita mengandung sekitar 5-6 bulan. Dan selama itu juga induk gurita itu tidak makan.
Dalam masa itu induk gurita mengalami kelaparan yang luar biasa, saat telur mulai menetas biasa setiap induk gurita akan berada dalam keadaan sekarat.
Dan saat telur itu menetas, induk gurita akan menggunakan seluruh sisa tenaganya untuk menyemburkan bayi gurita itu agar bisa pergi jauh untuk mendapatkan sumber makanan dan setelah itu induk gurita akan mati dalam keadaan lapar.
Pelajaran ini adalah tentang kerelaan dan keberanian. Kita pergi jauh dari kampung halaman, demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Dan pelajaran yang lain pun kita dapatkan dari bayi-bayi gurita yang pemberani, tumbuh menjadi gurita dewasa tanpa bergantung pada siapapun,
Ketika kita memasuki suasana baru, entah itu kantor baru atau kota yang baru, kita sama seperti bayi-bayi gurita ini. Tak mengerti apa-apa, tak mengenal siapapun, tapi itu bukan alasan untuk tidak maju.
Kita harus berani terbuka, melihat setiap peluang dan mengkonversikannya menjadi penghasilan bagi kita.

KETERANGAN KARYA
Tahun : 2020
Media : Logam Tembaga
Dimensi : 80cm x 70cm
PROFIL
PERUPA :
Rif’an Renaldi
NIM 17020124
PENDALAMAN & KELAS :
KONTAK & SOSMED
Lihat Karya Lain
Lihat Karya Perkelas